ACLS ( Advanced Cardiac Life Support ) Update March 2012

Tuesday, March 20, 2012

IMG-20120211-01035

Buat para teman sejawat dokter yang ingin mengikuti kursus ACLS di PERKI house, ini ada informasi umum serta tata tertib pelatihannya.

Tata Tertib Pelatihan ACLS PERKI :

  1. Hadir 15 menit sebelum acara dimulai ( Biasanya 30 menit sebelum acara dimulai para peserta sudah hadir ).
  2. Mengikuti kursus penuh 3 hari berturut – turut ( ini Wajib !!! )
  3. Waktu masuk hari pertama kursus harus membawa lembar pretest yang telah diisi. Peserta yang tidak membawa pretest yang telah diisi tidak diperkenankan mengikuti pelatihan ( Jangan lupa bagi yang bukunya minta dikirim untuk meminta lembar pretest, panitia terkadang lupa menyertakannya ).
  4. Tidak menyalakan telepon seluler selama pelatihan ( yup, sebaiknya di matikan bakal kena sita loe !!!! )
  5. Berpakaian sopan dan rapi, tidak memakai sandal.
  6. Turut menjaga kondisi dan kebersihan alat peraga. Dilarang mencoret – coret manikin, dll.
  7. Bagi yang sedang mengandung ( Usia kehamilan berapapun ) tidak diperkenankan mengikuti pelatihan berhubung aktivitas fisik yang akan dilakukan cukup berat. Bila tidak memberi tahu pada panitia pelaksana, pihak panitia tidak bertanggung jawab bila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Informasi Tambahan :

  • Syarat kelulusan :

a. Hadir penuh 3 hari berturut – turut. ( kecuali bagi yang mengulang hanya diwajibkan mengikuti kelas praktik MEGACODE dan Ujian ).

b. Lulus ujian tulis dan praktik dengan nilai minimal 75.

c. bagi peserta yang tidak lulus, diperkenankan mengulan kursus ( tanpa biaya kursus lagi kecuali biaya konsumsi ) dalam jangka waktu 3 bulan.

  • Sertifikat, setiap peserta akan mendapatkan 2 buah sertifikat ACLS :

a.  Sertifikat Kompetensi dari Kolegium Perhimpunan Dokter Specialis Kardiovaskular Indonesia ( PERKI ) dengan bobot 14 SKP. Sertifikat Kompetensi dapat segera diperoleh bila peserta lulus pelatihan.

b. Sertifikat dari kementrian Kesehatan dengan jumlah 30 jam pelajaran senilai 1 kredit. Sertifikat ini diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan dan karenanya proses penerbitannya akan memerlukan waktu.

Good LuckNerd smileWinking smile

READ MORE - ACLS ( Advanced Cardiac Life Support ) Update March 2012

Jalan – Jalan Asyik Ho Chi Minh City Vietnam ( Ho Chi Minh Experienced ) – Part 5

Wednesday, March 14, 2012

Selesai dari pulau Unicorn dimana kami menikmati santap siang kami. Perjalanan dilanjutkan ke pulau lainnya ( saya lupa namanya ) dipulau ini para penduduknya berternak lebah dimana madu merupakan hasil utama beberapa penduduk lokal dipulau ini. Di sini kami diterangkan bagaimana menghasilkan madu yang berkualitas tinggi serta kami diperbolehkan menyicipi teh yang dicampur dengan madu.

DSC_6238DSC_6243DSC_6246

Setelah menikmati teh disore hari kami kemudian melanjutkan perjalanan kami ke pulau yang lain dengan menaiki perahu – perahu yang lebih kecil yang digerakkan dengan cara didayung ( yup, it’s rowing time ).

Antri di Mekong Delta 2DSC_6290fb3

Kami kemudian berhenti di pulau yang lain, dimana pulau ini menyuguhkan beraneka ragam buah – buahan tropis dimana selain kami diizinkan untuk mecicipi buah – buahan tersebut, kami juga disuguhkan atraksi nyanyian tradisional Vietnam ( lihat Video ) dari para penduduk lokal di situ.

DSC_6297DSC_6298

Video lagu tradisional Vietnam

Selesai menikmati atraksi nyanyian, selesai juga perjalanan kami sore hari itu, karena ini merupakan pulau yang terakhir. Kami pun diiring untuk kembali menaiki perahu yang akan mengantar kami kembali ke pelabuhan pemberangkatan kami sebelumnya ( perahu kami sudah menunggu di sisi lain pulau ).

DSC_6304DSC_6308DSC_6309fb9

Selesailah sudah perjalanan saya pada hari itu ke Mekong Delta. Kami pun kembali menaiki bus yang sama seperti kami datang.

Bonus Pictures : The View during my way back to HCMC from Mekong

 DSC_6318DSC_6322DSC_6329DSC_6331DSC_6336DSC_6338DSC_6349

To be Continued ( Part 6 )…

READ MORE - Jalan – Jalan Asyik Ho Chi Minh City Vietnam ( Ho Chi Minh Experienced ) – Part 5

Market Update ( IHSG, BI rate, Saham, Investasi )

Sunday, March 4, 2012

IMG-20110816-00140

Koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Nilai mata uang Rupiah selama beberapa bulan terakhir ini lebih disebabkan karena faktor teknis dan sentimen pasar, yakni memburuknya kondisi perekonomian di Eropa yang berkepanjangan. Hal ini menyebabkan para investor asing melakukan profit taking atas keuntungan portfolio di investasi saham Indonesia. Tindakan ini merupakan aktivitas rebalancing ( aktivitas investor dalam menata kembali portfolio investasi mereka dengan mengurangi bobot investasi yang sudah memberikan profit untuk dialihkan ke invetasi lain ).

Bank Indonesia pada tanggal 9 November 2011 memutuskan untuk menurunkan BI rate menjadi 6% dengan keyakinan bahwa inflasi pada akhir tahun ini maupun tahun depan akan berada dibawah 5%. Langkah ini ditempuh sebagai antisipasi untuk memitigasi dampak penurunan kinerja ekonomi dan keuangan global terhadap perekonomian Indonesia. Namun yang harus digaris bawahi kondisi fundamental pasar dan ekonomi Indonesia saat ini masih stabil, antara lain ditopang oleh :

  1. Pertumbuhan ekonomi negara kita yang mencapai 6,54% ( per 30 September 2011 ). Hal ini ditunjang konsumsi domestik yang tinggi.
  2. Pada tahun 2008 (global turmoil economy) Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang tetap bisa membukukan pertumbuhan ekonomi yang positif.
  3. Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang meningkat 4 kali lipat hingga hampir mencapai 100 juta orang, kondisi ini mendukung peningkatan konsumsi domestik, artinya hanya dengan pengeluaran rutin kita semua saja sudah cukup untuk menunjang pertumbuhan ekonomi negara kita.
  4. Pemerintah juga telah lebih siap untuk mengantisipasi gejolak di pasar modal saat ini dengan cadangan devisa yang dimiliki sebesar USD 111 miliar per November ( jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2008 yang nilainya sekitar USD 51,6 miiliar ) dan diharapkan membantu Bank Indonesia untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah.
  5. Bank Indonesia juga berusaha menstabilkan harga perdagangan Surat Utang Negara dengan melakukan buy-back ( pembelian kembali Surat Utang Negara ) yang ada di pasar modal.
  6. Pertumbuhan ekspor tetap kuat ( Net Export per Oktober 2011 tercatat USD 1,4 miliar ) dan mayoritas negara tujuan ekspor kita adalah negara-negara Asia seperti China dan Jepang, bukan kawasan Eropa atau Amerika.
  7. Selama tahun 2011, IHSG telah membukukan hasil positif, yaitu ditutup pada 3821,99 ( naik 3,20% ) dan Rupiah ditutup pada 9068 di bulan Desember 2011.

Penurunan valuasi IHSG tidak bisa dikaitkan dengan kondisi perekonomian negara kita secara keseluruhan, artinya penurunan saham meupakan kesempatan untuk menambah investasi dalam saham, mengingat harga saham sudah mencapai harga yang menarik untuk dibeli. Selain itu, Teori Dollar Cost Averaging dimana seseorang melakukan investasi secara regular dan berkesinambungan akan mendapatkan peluang untuk meraih profit dalam jangka waktu panjang.

Sumber : Bloomberg
READ MORE - Market Update ( IHSG, BI rate, Saham, Investasi )

Jalan – Jalan Asyik Ho Chi Minh City Vietnam ( Ho Chi Minh Experienced ) – Part 4

Friday, March 2, 2012

Day two ( hari ke-2 ) saya bangun pagi – pagi sekali karena akan mengikuti tour local ke Mekong Delta. Saya diharuskan berkumpul bersama para peserta tour lainnya pukul 07.30 pagi tapi berhubung travel agent-nya berada tepat disamping hotel saya jadi agak lebih santai. Saya bangun pukul 06.00 pagi bersiap – siap lalu sarapan kurang lebih satu jam dan pkl 07.15 pagi saya sudah nongkrong di depan travel agent tersebut.

DSC_6120DSC_6121Suasana di ruang tunggu Sunrise Travel Vietnam

Tidak lama menunggu tepat pkl 07.30 travel guide mengantar kami ke tempat penjemputan bus dengan berjalan kaki kira – kira 10 menit sambil menjemput para anggota tour lainnya ( rata-rata orang asing ) kami semua dikumpulkan di kantor pusat dari travel agent ini yang berada di Buvien street. Disana kami semua dibagi sesuai dengan tujuan masing – masing ada yang pergi ke Mekong Delta ada yang Chu Ci Tunnel dan ada yang City Tour yangsemuanya menggunakan  bus yang berlainan. Tepat pkl 08.00 pagi saya sudah duduk di dalam bus yang akan mengantar saya ke Mekong Delta ( Oh ya di dalam bus kita rebutan tempat duduk, tapi bule – bule peserta tour disini lebih sopan nggak ada yang liar jadi kita merasa nyaman, jumlah kusri bus selalu sesuai dengan jumlah perserta jadi tetap dapat tempat duduk kok ).

Perjalanan saya selanjutnya sangat menyenangkan waktu tempuh ke Mekong Delta kurang lebih 2,5 jam PP 5 jam jadi paket tour ini memakan waktu sehari penuh dari pagi sampai sore sekitar jam 4 atau 5 sore barulah kita tiba kembali ke HCMC. Cerita pengalaman di Mekong Delta akan lebih banyak saya ceritakan melalui gambar, silahkan dinikmati.

DSC_6124DSC_6126DSC_6129DSC_6130fb2Perjalanan dari HCMC sampai ke pelabuhan dimana kami akan menaiki perahu Motor ke arah Delta. Transit satu kali untuk ke rest room sekalian berbelanja cenderamata.

DSC_6135DSC_6140DSC_6142DSC_6143DSC_6146DSC_6151Dari Pelabuhan kami naik Perahu motor dan kira-kira 15 menit kemudian kami tiba di Delta yang pertama saya lupa namanya apa. Kami kemudia berpindah ke perahu motor yang lebih kecil untuk masuk ke dalam delta.

DSC_6172DSC_6176DSC_6177DSC_6180Kami Kemudian singgah di salah satu delta yang merupakan tempat pembuatan Coconut candy ( Dodol ) seperti home industry dan hampir tiap turis pasti singgah disini ( tiap travel guide pasti akan membawa kita kesini )

DSC_6201DSC_6204DSC_6209DSC_6211DSC_6213DSC_6225

Kemudian perahu motor kecil mengantar kami kembali kami dibawah keluar untuk pindah ke perahu motor kami sebelumnya dan berpindah ke pulau lainnya namanya pulau Unicorn untuk menikmati makan siang kami di pulau ini terdapat buaya serta terdapat juga daging buaya untuk dimakan.

To be Continued ( Part 5 )…

READ MORE - Jalan – Jalan Asyik Ho Chi Minh City Vietnam ( Ho Chi Minh Experienced ) – Part 4

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
 
 
 

Popular Blogs

 
Twitter Bird Gadget