Batik Tulis Indonesia

Friday, April 6, 2012

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.

Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik jenis baru muncul, dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis.

Saya sendiri seumur – umur baru kali ini membeli batik, ketika saya berkunjung ke Yogjakarta. Semua yang berkunjung kesana pasti tergoda untuk membeli kain khas Indonesia ini. Saya pun membeli salah satu batik dengan teknik tulisan tangan yaitu batik tulis.

IMG-20120329-00403

Ternyata membuat batik tulis itu tidaklah mudah karena batik ini dihias dengan teksture dan corak batiknya menggunakan tangan dan pembuatannya memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Selain pembuatannya yang tidak mudah perawatannya juga tidak boleh sembarangan, Berikut saya tuliskan cara merawat dan mencuci batik tulis.

Perawatan Batik Tulis :

1. Sebaiknya batik tulis dibasahi dahulu baru dicuci dengan sari Lerak ( sabun khusus pencuci batik ) yang tidak mengandung soda sehingga warna/soga lebih awet dan tetap cerah.

2. Sari Lerak secukupnya dicampur dengan air diaduk dampai rata dan gunakanlah untuk mencuci batik tulis.

3. Jemur di tempat yang teduhagar kering karena hembusan angin.

4. Batik tulis jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung karena merusak warna/soga.

5. Simpan di Lemari dengan dapat diberi sedikit ratus wangi untuk menghilangkan rengat dan batik tulis akan berbau wangi.

Winking smileThumbs up

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
 
 
 

Popular Blogs

 
Twitter Bird Gadget