Tips aman menggunakan APMK ( alat pembayaran menggunakan kartu ) dan Uang elektronik

 

index

Kiat Aman Menggunakan Kartu Kredit

  1. Simpan dengan aman semua kartu dan nomor rekening  bank Anda.

  2. Sebelum membuang dokumen keuangan Anda, pastikan dokumen keuangan tersebut dihancurkan terlebih dahulu.

  3. Simpan lembar tagihan Kartu Kredit Anda dengan aman.

  4. Pastikan Anda mengambil kembali Kartu Kredit Anda dan bukti pembayaran setiap selesai bertransaksi.

  5. Jika Anda sering melakukan transaksi secara online di internet, instal software pengaman pada komputer Anda, untuk mengurangi kemungkinan pembajakan.

  6. Gunakan kata sandi yang tidak mudah diketahui orang lain untuk melindungi data internet banking dan rekening bank Anda.

  7. Gunakan situs belanja online yang terpercaya.

  8. Segera tanda tangani panel di belakang Kartu Kredit pada saat menerima kartu baru. Hal ini untuk mengurangi risiko kartu dimanfaatkan oleh pihak lain untuk bertransaksi.

  9. Jaga kerahasiaan nomor kartu termasuk security number berupa 3 digit angka di belakang kartu.

  10. Cek tagihan, dengan selalu melakukan pencocokan antara bukti transaksi dengan billing statement. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera lapor kepada Penerbit kartu kredit untuk dilakukan investigasi.

  11. Jangan pernah meminjamkan Kartu Kredit kepada siapapun atau meninggalkan kartu dan bukti transaksi tanpa pengawasan.

  12. Berhati-hati terhadap berbagai penawaran melalui telepon dan email.

Kiat Aman Menggunakan Kartu ATM/Debet

  1. Nasabah dihimbau untuk mengganti PIN secara berkala dan hindari nomor PIN yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nomor telepon

  2. Lindungi kerahasiaan PIN dengan menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN atau gunakan ATM yang telah memakai PIN cover atau yang telah dilengkapi dengan anti skimming.
    Hal tersebut berlaku jika Anda melakukan transaksi belanja di merchant pada mesin EDC.

  3. Jangan memberitahukan PIN Anda kepada orang lain maupun tanda tangan Anda.

  4. Simpan kartu ATM/Debet di tempat yang aman.

  5. Jika kehilangan kartu, segera hubungi nomor telepon darurat institusi keuangan yang menerbitkan kartu Anda. Biasanya tertera pada sisi belakang kartu.

  6. Waspadalah terhadap lingkungan sekeliling ATM dan perhatikan kondisi fisik ATM maupun EDC pada merchant. Jika terdapat alat yang mencurigakan atau mesin dicurigai rusak, jangan melakukan transaksi pada mesin tersebut dan segera melaporkan kepada pihak penerbit kartu maupun pihak berwajib.

  7. Setelah Anda menarik tunai dana atau melakukan transaksi belanja Anda, segera ambil kembali kartu ATM/Debet dan simpan bukti transaksi ATM/Debet Anda.  Selalu lakukan pencocokan antara bukti transaksi dengan mutasi transaksi pada rekening Anda. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera lapor kepada penerbit kartu untuk dilakukan investigasi.

Kiat Aman Menggunakan Uang Elektronik

  1. Pastikan dana tersedia di dalam uang elektronik Anda saat Anda melakukan transaksi, karena pemakaian uang elektronik akan langsung mengurangi nilai yang tersimpan dalam uang elektronik Anda.

  2. Pastikan Anda mengambil kembali uang elektronik setelah pemakaian.

  3. Selalu cek jumlah nilai di uang elektronik Anda, hal ini untuk mengantisipasi pemakaian yang tidak Anda lakukan.

  4. Simpan uang elektronik Anda di tempat yang aman, jika uang elektronik Anda hilang atau dicuri, segera laporkan ke bank atau lembaga selain bank yang menerbitkan uang elektronik Anda.

Source : Bank Indonesia Official Site

Comments

Popular posts from this blog

MEKANISME PROSES DASAR GINJAL

Sleep and you ( Secrets of sleep )

The Basic Geriatric Respiratory Examination CME/CE