SISTEM AKUNTANSI ( Accounting System )

Tuesday, September 15, 2009

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Dari definisi tersebut, maka unsur suatu sistem akuntansi pokok adalah formulir, catatan yang terdiri dari jurnal, buku besar dan buku pembantu, serta laporan.

accounting

SISTEM AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Kegiatan pokok perusahaan manufaktur terdiri dari : desain dan pengembangan produk, pengolahan bahan baku menjadi produk jadi, dan penjualan produk jadi kepada pembeli. Untuk menangani kegiatan pokok perusahaan, umumnya dirancang sistem akuntansi yang terdiri dari :

  1. Sistem akuntansi pokok.
  2. Sistem akuntansi piutang.
  3. Sistem akuntansi utang.
  4. Sistem akuntansi pengajian dan pengupahan.
  5. Sistem akuntansi biaya.
  6. Sistem akuntansi kas.
  7. Sistem akuntansi persediaan.
  8. Sistem akuntansi aktiva tetap.

BISNIS KARTU KREDIT ( Credit Card Business )

credit-card-main_Full

Bisnis kartu kredit pada dasarnya merupakan bisnis yang menjual jasa penagihan ( billing service ) kepada perusahaan – perusahaan penjual barang dan jasa melalui sistem penagihan ( billing system ). Melalui sistem penagihan yang dilakukan oleh perusahaan kartu kredit ( seperti Visa, MasterCard, American Express ).

BLOK BANGUNAN SISTEM AKUNTANSI

j0233312

Sistem akuntansi sebagai suatu bangunan sistem informasi memiliki 6 blok bangunan : masukan, model, keluaran, teknologi, basis data, dan pengendalian. Di antara enam blok bangunan sistem informasi tersebut, blok keluaran merupakan faktor penentu perancangan blok bangunan sistem informasi tersebut, blok keluaran merupakan faktor penentu perancangan blok bangunan sistem informasi yang lain.

Sistem akuntansi merupakan subsistem sistem informasi manajemen yang mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan pemakai intern maupun pemakai ekstern.

METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI

economic_forecasting

Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan oleh analis sistem melalui tiga tahap utama : analisis sistem, desain sistem, dan implementasi sistem. Tahap analisis sistem merupakan tahap yang paling menentukan dalam proses pengembangan sistem akuntansi.

SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN

Sistem akuntansi penggajian digunakan untuk menangani transaksi pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan menajer. Sistem akuntansi pengupahan digunakan untuk menangani transaksi pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana.

SISTEM AKUNTANSI BIAYA

Sistem akuntansi biaya dalam perusahaan manufaktur terdiri dari berbagai prosedur :

  1. Prosedur order produksi
  2. Prosedur permintaan dan pengeluaran barang gudang
  3. Prosedur pengembalian barang gudang
  4. Prosedur pencatatan jam kerja dan biaya tenaga kerja langsung
  5. Prosedur produk selesai dan pencatatan pembebanan biaya ovehead pabrik, dan
  6. Prosedur pencatatan bisya overhead pabrik sesungguhnya, biaya administrasi dan umum, dan biaya pemasaran.

SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN KAS

Dalam pelaksanaan transaksi pengeluaran kas perusahaan, penggunaan cek atas nama atau dengan pemindahbukuan menjamin diterimanya kas perusahaan oleh orang atau erusahaan yang dimaksud. Sistem pengeluaran kas dengan cek atas nama atau pemindahbukuan juga menjamin ketelitian dan keandalan catatan akuntansi kas perusahaan, karena melibatkan pihak ketiga ( bank ) yang secara periodik mengirimkan rekening koran bank sebagai dasar untuk melakukan rekonsilisasi catatan kas perusahaan.

source : Mulyadi, Sistem akuntansi, UGM

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
 
 
 

Popular Blogs

 
Twitter Bird Gadget