BANGSAKU MEMANG BESAR

Monday, September 15, 2008

    Soekarna presiden pertama bangsa ini pernah berkata, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Tak salah jikalau Soekarno menjadi presiden pertama negara ini karena perkataannya memang benar dan tidak pernah salah bahkan untuk generasi selanjutnya.

Pahlawan bangsa ini memang bukan pahlawan sembarangan, pahlawan bangsa Indonesia adalah pahlawan yang berjuang dengan hati, hati mereka sangat besar sehingga tiap tetes rintihan airmata penduduk bangsa ini, yang berkali – kali dijajah menjadi setitik api yang lama – kelamaan membara di dalam hati sanubari para pahlawan bangsa ini. Hal itulah yang menjadi sumber kekuatan bagi mereka walaupun tubuh mereka kurus kering, terkadang tak terurus, bahkan darah serta harta menjadi hal yang biasa untuk dikorbankan bagi bangsa tercinta ini dari penjajahan.

Itulah gambaran pahlawan terdahulu kita yang sampai sekarang ini nilai – nilai perjuangan mereka masih tetap menjadi api yang terus membara di hati para generasi penerus bangsa. Soekarno serta Sam Ratulangi merupakan salah satu dari jutaan rakyat Indonesia yang menjadi penerus semangat kepahlawanan ini.

Karya mereka menjadi dasar yang sangat kuat didalam tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa, karena bangsa kita merupakan bangsa yang terdiri dari beraneka ragam hal baik budaya, agama, bahkan penduduk yang berasal dari daerah dan latar belakang yang berbeda. Ada orang Manado, Batak, Papua, Jawa, Bali dan masih banyak lagi.

Entah apa yang akan terjadi pada bangsa ini jika nilai – nilai kepahlawanan serta rasa persatuan dan kesatuan yang selama ini tertanam mulai luntur disebabkan modernisasi zaman ini. Tentunya perkataan Soekarno hanyalah akan menjadi suatu impian yang tidak akan pernah terwujud.

Bagaimana kita dapat dikatakan sebagai bangasa yang besar jikalau kita tidak memiliki rasa persatuan, kita terpecah – pecah menjadi kelompok – kelompok kecil yang rentan dan mudah untuk dipatahkan. Apakah hal ini yang kita harapkan ?.

Aneh rasanya melihat keadaan bangsa kita saat ini kekacauan dimana – mana, kepentingan golongan dan diri sendiri menjadi lebih utama dari kepentingan bersama, korupsi, kolusi juga nepotisme menjadi berita utama tiap koran dan majalah.

    Dimana hati para pahlawan terdahulu kita, dimana semangat serta ketekunan yang diwariskan oleh Soekarno dan Sam Ratulangi ?.

Terkadang keangkuhan menjadi salah satu halangan bagi generasi ini untuk memiliki hati yang besar, kita harus banyak belajar dari para pendahulu kita rendah hati menjadi salah satu kunci menuju keberhasilan. Saya percaya bangsa kita masih tetap bangsa yang besar, manusia memang tidak sempurna tapi pada dasarnya manusia itu baik. Banyak hal yang sudah kita lalui bersama bangsa ini, krisis moneter, SARA, narkoba bahkan terorisme mewarnai tiap langkah kehidupan bangsa ini dan masyarakatnya.

Tapi tak ada satupun diantara banyak masalah yang dialami bangsa ini mampu membuat Indonesia terpecah – pecah. Sampai sekarang nama Indonesia masih tetap ada, pembangunan terus berjalan walaupun terkadang tidak semulus yang kita harapakan, pemerintah berjuang keras untuk mengatasi krisis moneter, SARA, bahkan berapa banyak orang yang telah ditangkap karena terlibat terorisme dan masalah narkoba.

Bangsa ini terus berjuang untuk menjadi lebih baik, nilai – nilai kepahlawan bangsa ini tidak akan pernah luntur sebab generasi bangsa ini adalah generasi yang lahir dari semangat perjuangan serta hati yang besar dan tulus dalam menggapai cita – cita serta harapan yang lebih baik dikemudian hari.

Nilai – nilai luhur inilah yang harus terus kita pertahankan, bahkan harus terus kita tingkatkan sedini mungkin dihati tiap generasi muda bangsa ini. Tuhan begitu baik pada bangsa ini sampai sekarang pun Tuhan tetap baik bagi Indonesia.     

Segala cobaan yang datang menerpa bangsa ini tidak mampu untuk mematahkan semangat serta nila – nilai perjuangan yang telah tertanam dan telah dirawat dengan sangat baik oleh pendahulu, bahkan oleh penerus bangsa ini.

Api yang membara itu, ternyata tidak padam Indonesia dari hari kehari menjadi semakin lebih baik, kita belajar untuk terus maju, bertahan, dan terus berjuang demi kehidupan yang lebuh baik, dan biarlah nilai –nilai perjuangan ini kita teruskan dan kita pupuk dengan baik bagi generasi yang akan datang. Bangsa ini memang besar, kekayaan alam yang melimpah, masyarakat yang penuh senyuman dan hal ini akan terus ada untuk generasi yang akan datang terus, terus, terus dan terus ada.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
 
 
 

Popular Blogs

 
Twitter Bird Gadget